
. Kalau dibandingkan head to head antara Beat dengan Mio, sebetulnya masih ada segmen pembeli Mio yang memang tidak tertarik sama sekali dengan Beat. Mio diposisikan bukan hanya untuk remaja (anak muda), tapi juga untuk ibu-ibu, sedangkan Beat diposisikan khusus untuk anak muda (silahkan amati iklannya). Jadi kalau menurut kangojek pribadi, sebetulnya Beat diuntungkan dengan hadirnya rekan sejawat yang diposisikan di segmen ibu-ibu. Kalau menilik 3-4 tahun kebelakang, itulah saat-saat Mio mulai booming kemudian di 2008 Honda mulai meluncurkan Beat yang tidak terlalu berpengaruh terhadap penjualan Mio karena memang beda segmen yang dituju. Terbukti kan, selama tahun 2008- 2009 penjualan Yamaha Mio masih tetep monceerrr. Nah kalau dihitung tahun 2008-2009, berarti tahun 2011-2012 lah saat yang tepat bagi pemilik2 Mio yang sudah lunas kreditnya untuk mengganti motornya. Dugaan kangojek, sebetulnya selama ini profil pengguna Beat dan Mio adalah 2 segmen yang sangat berbeda sehingga tidak saling mengganggu. Namun dengan hadirnya Spacy di tahun ini, untuk pemilik Mio yang sudah waktunya berganti motor (sesuai siklus kredit), kali ini ada pilihan lain yang lebih fresh, dan tentu juga lebih fungsional. Pas banget sama ibu-ibu yang menggunakan motor dengan tujuan jarak dekat, wira-wiri nganter anak sekolah, ke pasar, ke swalayan dekat rumah, arisan dll. Spacy memang diluncurkan pada saat yang tepat, harga yang tepat dan menyasar tepat ke sasaran lawan. Yuuk mari kita amati penjualan Mio setelah Spacy diluncurkan, paling tidak sampai dengan akhir tahun ini, apakah akan tetap bertahan atau akan mulai menukik tajam. Sayang kangojek gak punya akses data AISI, kalau saja punya, rasanya pengen ngubek2 data untuk dianalisa lebih lanjut. Kalau ada pendapat lain, monggo dishare disini. Salam Ojek!!!!!